MTs Al-Furqon Cileungsi

Jln. Gg. H.Abd Ghofar Kp. Dayeuh RT 03/01 Ds. Dayeuh Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat 16820

Program Kerja Madrasah

 

BIDANG KURIKULUM
JENIS KEGIATAN SASARAN YANG INGIN DICAPAI
1. Pengadaan perangkat 1. Tiap guru memiliki GBPP yang relevan dgn.
kurikulum yg.sesuai tugasnya
2. Tiap guru memiliki buku Juklak PBM
3. Tiap guru memiliki buku Juklak penilaian
2. Pembagian tugas guru 1. Diupayakan tiap guru mengajar sesuai dgn.
dan karyawan kelayakan
2. Yang tidak ada akan disesuaikan dengan
minat dan kemampuan
3. Pembagian tugas secara merata
3. Jadwal Pelajaran 1. Awal tahun pelajaran telah disiapkan
4. Program semester dan 1. Semua guru diwajibkan untuk membuat
satuan pelajaran program tahunan, semester dan SP
2. Satpel tahun lalu dapat direvisi dan
dikembangkan
5. Evaluasi 1. Selesai tiap pembahasan agar melakukan
test formatif
2. Dalam 1 semester minimal 6 x ulangan
harian
3. Untuk memperoleh hasil yang optimal
agar membuat analisis butir soal dan per
hitungan daya serap siswa dan kelas
4. Mengadakan tindak lanjut berupa pengajar-
an dan pengayaan
5. Tiap guru memiliki buku nilai yang harus
dikelola sebagaimana mestinya
6. Mengadakan test prestasi belajar 2 smtr.
6. Laboratorium 1. Dikelola sebagaimana mestinya
2. Ada jadwal kegiatan dan program peng-
gunaannya
3. Lab. Hanya digunakan untuk MP. IPA
7. Perpustakaan 1. Agar dikelola sesuai dengan petunjuk
2. Penambahan jumlah dan judul buku
3. Mempunyai daftar katalog
4. Mempunyai buku catatan pengunjung
perpustakaan
5. Ada pengelola khusus
8. Olah Raga 1. Melaksanakan senam pagi dan SKJ untuk
guru, pegawai da siswa
2. Menggalakkan olah raga prestasi sebagai
kegiatan eskul.
9. Kesenian 1. Membentuk kelompok paduan suara
2. Membentuk kelompok tari daerah
3. Membentuk esamble suling
4. Membina anak yang berbakat musik me-
lalui band/rebana di madrasah
5. Melengkapi alat-alat kesenian
10. BP & BK 1. Memantapkan fungsi guru BK
2. Pembuatan program BK
3. Mengadakan bimbingan secara tatap muka
di kelas
4. Mengadakan bimbingan rutin
5. Mengadakan case conferencee
6. Mengadakan pemeriksaan psikologi untuk
siswa, kerja sama dengan Yayasan konsul-
tasi dan bimbingan
11. Buku pegangan guru 1. Tiap guru memiliki buku pegangan yang
dan siswa sesuai dengan ketentuan
2. Memiliki buku acuan untuk memperluas
wawasan keilmuan
3. Tiap siswa wajib memiliki buku pegangan
( melalui koperasi/perpustakaan untuk
memperoleh kemudahan )
12. Alat Peraga 1. Madrasah berupaya memiliki & menambah
alat peraga dan media pendidikan
2. Alat peraga yang ada dimanfaatkan secara
optimal
3. Siswa agar dirangsang/dimotivasi untuk
mencoba membuat alat peraga sederhana
4. Melalui kokurikulum membuat kliping sbg.
media pendidikan dan perpustakaan
BIDANG KETENAGAAN
1. Guru 1. Berusaha melengkapi guru bidang studi
sesuai dengan kebutuhan
2. Kekurangan guru tetap diatas guru tidak
tetap honorer
3. Mewajibkan guru-guru untuk meningkatkan
wawasan keilmuan dan pendidikannya
melalui program satu hari wajib membaca
4. Menambah pengetahuan melalui izin
belajar
5. Mengikuti penyetaraan sampai jenjang yang
lebih tinggi
6. Mengikuti LKG, SPKG, MGMP
7. Mengetahui kesulitan guru melalui supervisi
kelas
8. Meningkatkan peran guru sebagai wl. kelas
petugas BK, dan orang tua di madrasah
2. Pegawai tu & Pesuruh 1. Membagi habis tugas ketatausahaan
2. Membuat program Tata Usaha
3. Melengkapi data-data ketatausahaan
4. Memberikan kesempatan kepada pegawai
untuk melanjutkan pendidikan formal
5. Memberikan kesempatan kepada pegawai
untuk mengikuti kursus-kursus dan latihan-
latihan yang relevan dengan tugasnya
6. Membagi tugas bersama pesuruh untuk
siang dan malam hari
BIDANG KESISWAAN
1. Kegiatan ekstra 1. Memantapkan kegiatan eskul
kurikuler 2. Meningkatkan kegiatan eskul
3. Membentuk tim kesenian dan olah raga
4. Membentuk dan melaksanakan kegiatan
OSIS
5. Meningkan kegiatan Pramuka
6. Meningkatkan kegiatan PMR
7. Mengikutsertakan para pembina kelompok
kedalam latihan-latihan peningkatan ketrmp.
8. Melaksanakan Jum’at Bersih
BIDANG SARANA & PRASARANA
1. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan & keindahan
Kepala Mdrasah 2. Mengganti dan memperbaiki peralatan yang
mengalami kerusakan
3. Menambah dan melengkapi peralatan yang
kurang
2. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, keindahan dan
guru keserasian
2. Mengganti dan memperbaiki peralatan yang
mengalami kerusakan
3. Menambah dan melengkapi peralatan yang
kurang
4. Menyediakan papan data, papan pengumu-
man dan atribut
3. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan,keindahan dan
Tata Usaha keserasian
2. Melengkapi data-data
3. Menata peralatan dan persiapan untuk
memudahakan pelayanan
4. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, keindahan dan
kelas keserasian ruang kelas
2. Memelihara kebersihan meja dan kursi
3. Melengkapi atribut kelas
4. Menata tembok dengan data dan hiasan
5. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, kerapihan ruangan
laboratorium 2. Penataan alat dan penyimpanan alat
3. Penggunaan yang baik untuk memperpan-
jang usai pakai
6. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, kerapiha ruangan
perpustakaan 2. Menata kembali buku yang sudah selesai
dibaca
3. Memperbaiki dan mengganti jilid buku yang
telah rusak
4. Memperbaiki dan menambah peralatan
yang sudah rusak
5. Mengelola buku kunju8ngan dengan baik
7. Pemeliharaan gedung 1. Memelihara gedung dari kemungkinan bocor
bangunan dan rusak
2. Pengecata dinding yang kotor
3. Penggantian kusen yang lapuk
4. Perbaikan plafon yang ruasak
5. Penggantian kaca yang pecah
8. Pemeliharaan halaman 1. Memantapkan pelaksanaan kebersihan di
dan kebun lingkunagn amadrasah
2. Pembabatan rumput yang panjang
3. Penanaman apotik hidup
4. Melaksanakan perindangan/ penghijauan
5. Penggantian tanaman yang mati
9. Pemeliharaan 1. Pemeliharaan dan pengeacatan
musholla 2. Pemeliharaan dan penggantian peralatan
3. Penambahan sarana yang kurang
4. Pemeliharaan kebersihan lingkungan dan
air wudlu
10. Pemeliharaan  WC 1. Menjaga kebersihan
dan Urinior 2. Peabaikan sanitasi
3. Pengecatan dan perbaikan
4. Penyediaan alat-alat untuk keperluan WC
( ember, gayung,karbol,dan lain-lain)
5. Penyedotan Septictank yang sudah penuh
11. Pemeliharaan alat 1. Pemeliharaan alat-alat meubeulier
meubelier 2. Memperbaiki yang rusak
3. Menyimpan sisa peralatan yang tidak
terpakai
4. Menambah peralatan yang kurang
5. Memliki daftar inventaris untuk tiap kelas
dan ruang
BIDANG KETATAUSAHAAN
1. Pengelolaan surat- 1. Memantapakan pengelolaan surat masuk
surat dan  surat keluar
2. Pemberian disposisi ,Pendelegasian pada
surat, konsep balasan dan pengarsipan
3. Pengolahan minguan dan pemeriksaan
surat-surat yang belum terselesaikan
4. Menyiapkan laporan bulanan, tri wulan dan
akhir tahun
2. Pengolahaan   adm 1. Pemantapan pengolahan data kepegawaian
umum DUK Kenaikan pangkat/ tingkat & berkala
2. Pemantapan Pengolahan buku induk pega-
wai, komite sekolah, arsif riwayat hidup
pekerjaan, cuti, tugas insidentil, teguran &
peringatan-peringatan
3. Pengolahan adm. 1. Pemantapan kerja bendaharawan UYAD
surat-surat 2. Pemantapan kerja bendaharawan khusus
3. Pemantapan kerja bendaharawan komite
sekolah
4. Pemantapan tugas pembelian barang
5. Penggunaan kwitansi dan SPJ secara
rutin tanpa ditunda
6. Petugas harus selalu siap bila sewaktu  –
waktu disupervisi oleh petugas yang
berwenang
BIDANG HUBUNGAN
1. Interen
1. Hubungan kepala 1.1. Pemantapan hubungan kepala madrasah
madrasah dengan dan guru-guru dalam dan luar dinas
guru & pegawai 1.2. Mengembangkan sikap keterbukaan
1.3. Mengembangkan sikap silih asih, asah
asuh
1.4. Membudayakan sikap tutwuri handayanai
2. Hubungan guru dgn 2.1. Mengembanmgkan sikap kekeluargaan
guru  dan pegawai yang tinggi
2.2. Saling tolong menolong
2.3. Meningkatkan solidaritas antar teman
3. Hubungan  guru, 3.1. Selalu membina hubungan harmonis,antar
pegawai dengan siswa dengan kepala madrasah & guru
kepala madrasah
2. Exteren
1. Hubungan antar 1.1. Mengadakan hubungan denagn madrasah
madrasah sejenis sejenis
1.2. Mengirimkan guru/siswa pada pertemuan
undangan
2. Hubungan  dengan 2.1. Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan
intansi lain dan Depag
2.2. Mengkoordinasikan kegiatan ke Dinas
dan Depag
3. Hubungan pertikal 3.1. Penyampaian laporan dengan tepat waktu
dengan dinas pend./ 3.2. Kunjungan tatap muka berdasarkan
Depag keperluan
4. Hubungan dengan 4.1. Meningkatkan hubungan untuk menunjang
Komite madrasah perkembangan madrasah
dan orang tua/wali 4.2. Meningkatkan peran serta orang tua/wali
siswa untuk menanggulangi berbagai
kendala demi tercapainya pendidikan
BIDANG KURIKULUM
JENIS KEGIATAN SASARAN YANG INGIN DICAPAI
1. Pengadaan perangkat 1. Tiap guru memiliki GBPP yang relevan dgn.
kurikulum yg.sesuai tugasnya
2. Tiap guru memiliki buku Juklak PBM
3. Tiap guru memiliki buku Juklak penilaian
2. Pembagian tugas guru 1. Diupayakan tiap guru mengajar sesuai dgn.
dan karyawan kelayakan
2. Yang tidak ada akan disesuaikan dengan
minat dan kemampuan
3. Pembagian tugas secara merata
3. Jadwal Pelajaran 1. Awal tahun pelajaran telah disiapkan
4. Program semester dan 1. Semua guru diwajibkan untuk membuat
satuan pelajaran program tahunan, semester dan SP
2. Satpel tahun lalu dapat direvisi dan
dikembangkan
5. Evaluasi 1. Selesai tiap pembahasan agar melakukan
test formatif
2. Dalam 1 semester minimal 6 x ulangan
harian
3. Untuk memperoleh hasil yang optimal
agar membuat analisis butir soal dan per
hitungan daya serap siswa dan kelas
4. Mengadakan tindak lanjut berupa pengajar-
an dan pengayaan
5. Tiap guru memiliki buku nilai yang harus
dikelola sebagaimana mestinya
6. Mengadakan test prestasi belajar 2 smtr.
6. Laboratorium 1. Dikelola sebagaimana mestinya
2. Ada jadwal kegiatan dan program peng-
gunaannya
3. Lab. Hanya digunakan untuk MP. IPA
7. Perpustakaan 1. Agar dikelola sesuai dengan petunjuk
2. Penambahan jumlah dan judul buku
3. Mempunyai daftar katalog
4. Mempunyai buku catatan pengunjung
perpustakaan
5. Ada pengelola khusus
8. Olah Raga 1. Melaksanakan senam pagi dan SKJ untuk
guru, pegawai da siswa
2. Menggalakkan olah raga prestasi sebagai
kegiatan eskul.
9. Kesenian 1. Membentuk kelompok paduan suara
2. Membentuk kelompok tari daerah
3. Membentuk esamble suling
4. Membina anak yang berbakat musik me-
lalui band/rebana di madrasah
5. Melengkapi alat-alat kesenian
10. BP & BK 1. Memantapkan fungsi guru BK
2. Pembuatan program BK
3. Mengadakan bimbingan secara tatap muka
di kelas
4. Mengadakan bimbingan rutin
5. Mengadakan case conferencee
6. Mengadakan pemeriksaan psikologi untuk
siswa, kerja sama dengan Yayasan konsul-
tasi dan bimbingan
11. Buku pegangan guru 1. Tiap guru memiliki buku pegangan yang
dan siswa sesuai dengan ketentuan
2. Memiliki buku acuan untuk memperluas
wawasan keilmuan
3. Tiap siswa wajib memiliki buku pegangan
( melalui koperasi/perpustakaan untuk
memperoleh kemudahan )
12. Alat Peraga 1. Madrasah berupaya memiliki & menambah
alat peraga dan media pendidikan
2. Alat peraga yang ada dimanfaatkan secara
optimal
3. Siswa agar dirangsang/dimotivasi untuk
mencoba membuat alat peraga sederhana
4. Melalui kokurikulum membuat kliping sbg.
media pendidikan dan perpustakaan
BIDANG KETENAGAAN
1. Guru 1. Berusaha melengkapi guru bidang studi
sesuai dengan kebutuhan
2. Kekurangan guru tetap diatas guru tidak
tetap honorer
3. Mewajibkan guru-guru untuk meningkatkan
wawasan keilmuan dan pendidikannya
melalui program satu hari wajib membaca
4. Menambah pengetahuan melalui izin
belajar
5. Mengikuti penyetaraan sampai jenjang yang
lebih tinggi
6. Mengikuti LKG, SPKG, MGMP
7. Mengetahui kesulitan guru melalui supervisi
kelas
8. Meningkatkan peran guru sebagai wl. kelas
petugas BK, dan orang tua di madrasah
2. Pegawai tu & Pesuruh 1. Membagi habis tugas ketatausahaan
2. Membuat program Tata Usaha
3. Melengkapi data-data ketatausahaan
4. Memberikan kesempatan kepada pegawai
untuk melanjutkan pendidikan formal
5. Memberikan kesempatan kepada pegawai
untuk mengikuti kursus-kursus dan latihan-
latihan yang relevan dengan tugasnya
6. Membagi tugas bersama pesuruh untuk
siang dan malam hari
BIDANG KESISWAAN
1. Kegiatan ekstra 1. Memantapkan kegiatan eskul
kurikuler 2. Meningkatkan kegiatan eskul
3. Membentuk tim kesenian dan olah raga
4. Membentuk dan melaksanakan kegiatan
OSIS
5. Meningkan kegiatan Pramuka
6. Meningkatkan kegiatan PMR
7. Mengikutsertakan para pembina kelompok
kedalam latihan-latihan peningkatan ketrmp.
8. Melaksanakan Jum’at Bersih
BIDANG SARANA & PRASARANA
1. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan & keindahan
Kepala Mdrasah 2. Mengganti dan memperbaiki peralatan yang
mengalami kerusakan
3. Menambah dan melengkapi peralatan yang
kurang
2. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, keindahan dan
guru keserasian
2. Mengganti dan memperbaiki peralatan yang
mengalami kerusakan
3. Menambah dan melengkapi peralatan yang
kurang
4. Menyediakan papan data, papan pengumu-
man dan atribut
3. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan,keindahan dan
Tata Usaha keserasian
2. Melengkapi data-data
3. Menata peralatan dan persiapan untuk
memudahakan pelayanan
4. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, keindahan dan
kelas keserasian ruang kelas
2. Memelihara kebersihan meja dan kursi
3. Melengkapi atribut kelas
4. Menata tembok dengan data dan hiasan
5. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, kerapihan ruangan
laboratorium 2. Penataan alat dan penyimpanan alat
3. Penggunaan yang baik untuk memperpan-
jang usai pakai
6. Pemeliharaan ruang 1. Memelihara kebersihan, kerapiha ruangan
perpustakaan 2. Menata kembali buku yang sudah selesai
dibaca
3. Memperbaiki dan mengganti jilid buku yang
telah rusak
4. Memperbaiki dan menambah peralatan
yang sudah rusak
5. Mengelola buku kunju8ngan dengan baik
7. Pemeliharaan gedung 1. Memelihara gedung dari kemungkinan bocor
bangunan dan rusak
2. Pengecata dinding yang kotor
3. Penggantian kusen yang lapuk
4. Perbaikan plafon yang ruasak
5. Penggantian kaca yang pecah
8. Pemeliharaan halaman 1. Memantapkan pelaksanaan kebersihan di
dan kebun lingkunagn amadrasah
2. Pembabatan rumput yang panjang
3. Penanaman apotik hidup
4. Melaksanakan perindangan/ penghijauan
5. Penggantian tanaman yang mati
9. Pemeliharaan 1. Pemeliharaan dan pengeacatan
musholla 2. Pemeliharaan dan penggantian peralatan
3. Penambahan sarana yang kurang
4. Pemeliharaan kebersihan lingkungan dan
air wudlu
10. Pemeliharaan WC 1. Menjaga kebersihan
dan Urinior 2. Peabaikan sanitasi
3. Pengecatan dan perbaikan
4. Penyediaan alat-alat untuk keperluan WC
( ember, gayung,karbol,dan lain-lain)
5. Penyedotan Septictank yang sudah penuh
11. Pemeliharaan alat 1. Pemeliharaan alat-alat meubeulier
meubelier 2. Memperbaiki yang rusak
3. Menyimpan sisa peralatan yang tidak
terpakai
4. Menambah peralatan yang kurang
5. Memliki daftar inventaris untuk tiap kelas
dan ruang
BIDANG KETATAUSAHAAN
1. Pengelolaan surat- 1. Memantapakan pengelolaan surat masuk
surat dan surat keluar
2. Pemberian disposisi ,Pendelegasian pada
surat, konsep balasan dan pengarsipan
3. Pengolahan minguan dan pemeriksaan
surat-surat yang belum terselesaikan
4. Menyiapkan laporan bulanan, tri wulan dan
akhir tahun
2. Pengolahaan adm 1. Pemantapan pengolahan data kepegawaian
umum DUK Kenaikan pangkat/ tingkat & berkala
2. Pemantapan Pengolahan buku induk pega-
wai, komite sekolah, arsif riwayat hidup
pekerjaan, cuti, tugas insidentil, teguran &
peringatan-peringatan
3. Pengolahan adm. 1. Pemantapan kerja bendaharawan UYAD
surat-surat 2. Pemantapan kerja bendaharawan khusus
3. Pemantapan kerja bendaharawan komite
sekolah
4. Pemantapan tugas pembelian barang
5. Penggunaan kwitansi dan SPJ secara
rutin tanpa ditunda
6. Petugas harus selalu siap bila sewaktu
waktu disupervisi oleh petugas yang
berwenang
BIDANG HUBUNGAN
1. Interen
1. Hubungan kepala 1.1. Pemantapan hubungan kepala madrasah
madrasah dengan dan guru-guru dalam dan luar dinas
guru & pegawai 1.2. Mengembangkan sikap keterbukaan
1.3. Mengembangkan sikap silih asih, asah
asuh
1.4. Membudayakan sikap tutwuri handayanai
2. Hubungan guru dgn 2.1. Mengembanmgkan sikap kekeluargaan
guru dan pegawai yang tinggi
2.2. Saling tolong menolong
2.3. Meningkatkan solidaritas antar teman
3. Hubungan guru, 3.1. Selalu membina hubungan harmonis,antar
pegawai dengan siswa dengan kepala madrasah & guru
kepala madrasah
2. Exteren
1. Hubungan antar 1.1. Mengadakan hubungan denagn madrasah
madrasah sejenis sejenis
1.2. Mengirimkan guru/siswa pada pertemuan
undangan
2. Hubungan dengan 2.1. Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan
intansi lain dan Depag
2.2. Mengkoordinasikan kegiatan ke Dinas
dan Depag
3. Hubungan pertikal 3.1. Penyampaian laporan dengan tepat waktu
dengan dinas pend./ 3.2. Kunjungan tatap muka berdasarkan
Depag keperluan
4. Hubungan dengan 4.1. Meningkatkan hubungan untuk menunjang
Komite madrasah perkembangan madrasah
dan orang tua/wali 4.2. Meningkatkan peran serta orang tua/wali
siswa untuk menanggulangi berbagai
kendala demi tercapainya pendidikan

Satu Tanggapan to “Program Kerja Madrasah”

  1. wawan said

    mana rencana kerjanya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: